Kecepatan Internet

Kecepatan Akses Internet

Pengantar
Informasi apa saja yang dapat kita tukar melalui jaringan komputer? Selain sebagai sumber informasi, jaringan internet juga merupakan sarana komunikasi. Komunikasi yang dilakukan di internet adalah komunikasi data. Segala sesuatu yang dikirimkan melalui internet berupa teks, suara, gambar, suara dan gambar dikirim dalam bentuk data. Hal ini berarti menggunakan internet adalah mempertukarkan data-data antara dua buah komputer. Mengirim e-mail misalnya, kita kirim dalam bentuk data teks. Contoh lain, jika kita membuka sebuah halaman web, maka sebenarnya kita sedang mengirimkan halaman web dengan cara mengirimkan alamat URL-nya. Kemudian komputer server halaman web tersebut akan mengirimkan halaman web yang kita minta.

Dalam perpindahan data dari satu komputer ke komputer lain di internet sebaliknya, kecepatan transfer data merupakan hal yang sangat dipertimbangkan. Biasanya kita ingin data yang diminta itu cepat tiba untuk kita gunakan atau pelajari. Cepat lambatnya perpindahan data dari sebuah komputer server di internet ke komputer kita sangat bergantung pada kecepatan transfer data dari provider yang Anda gunakan. Kecepatan transfer data dinyatakan dalam bits per second (bps), artinya berapa bit data yang dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain dalam tiap detiknya.

Terkait dengan kecepatan transfer data, ada beberapa komponen yang menentukan hal tersebut, antara lain:
1. Bandwidth

2. Server Proxy

3. Backbone

4. Keamanan Data

5. Layanan yang Diberikan
6. Teknologi yang Digunakan
Perangkat Keras Akses Internet
Agustus 1st, 2008 Nurdin Sidik
Jum’at, 01-08- 2008 – oleh : admin
Selain sistem operasi minimal windows 95 dan sistem operasi lainnya seperti Linux, untuk dapat terkoneksi dengan internet diperlukan perangkat keras yang mendukungnya. Secara umum agar komputer dapat terhubung dengan internet, perangkat keras yang dibutuhkan adalah :
1. Modem dial up (internal/eksternal)/Kabel Modem/Modem ADSL
Modulator demodulator (Modem) berfungsi mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya mengubah sinyal digital menjadi gelombang analog dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet. Komputer bekerja hanya mengenal bilangan digital, gelombang pada jaringan telepon adalah gelombang analog, untuk dapat oleh komputer penerima maka gelombang tersebut diubah menjadi sinyal digital oleh modem. Sebaliknya ketika komputer bekerja dengan bilangan digital dan ketika data akan dikirim ke pengguna lainnya dalam internet, sinyal digital akan diubah menjadi gelombang analog oleh modem. Untuk Personal Computer (PC), biasanya menggunakan modem dial up yang dihubungkan dengan line telepon. Secara fisik, modem dial-up dibagi dua yaitu modem internal yang dipasang didalam komputer pada slot ekspansi yang tersedia dan modem eksternal yang dipasang dengan menggunakan kabel communication atau serial. Kecepatan modem dihitung dalam kbps (kilobit per second). Modem internal memiliki kecepatan untuk men-download informasi 56 kbps. Pada penggunaan akses dial up, ketika komputer tersambung ke server ISP, pelanggan akan dibebani biaya pulsa telepon plus layanan ISP yang jumlahnya bervariasi tergantung lamanya koneksi.
Selain modem dial-up terdapat pula modem ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line). Modem ADSL memiliki kecepatan yang tinggi, dikembangkan dengan teknologi Discrete MutliTone (DMT). Dalam mengakses internet, ADSL dapat menggunakan line telepon. Pengguna ADSL diharuskan mendaftar terlebih dahulu ke ISP (Internet Service Provider). Untuk jenis Cable Modem menggunakan line TV Kable. Di Indonesia Anda dapat menggunakan layanan dari TV Kabel, yaitu kabelvision. Cable Modem mempunyai kecepatan akses yang tinggi. Untuk dapat mengakses internet melalui Cable Modem pengguna diharuskan melakukan pendaftaran terlebih dahulu kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (Internet Service Provider). Pemasangan jaringan internet dengan cable modem lebih rumit dibandingkan dengan jenis modem lainnya. Pendaftaran untuk akses internet dengan modem cable menggunakan MAC Address (Media Access Control Address). Ketika cable modem rusak, Anda harus mendaftarkan kembali MAC Address baru untuk cable modem baru. Sedangkan pada modem ADSL atau Dial up, ketika modem rusak kita dapat langsung menggunakan modem baru tanpa harus mendaftarkan kembali ke ISP.Kecepatan sebuah modem diukur dengan satuan bps (bit per second) atau kbps (kilobit per second). Kecepatan modem dial up bervariasi antara 300 bps hingga 56 kbps, umumnya berkisar antara 14.4 hingga 56,6 kbps. Makin tinggi kecepatannya maka akan mempersingkat waktu koneksi hingga menghemat biaya pulsa telepon. Dalam aliran data internet, terdapat istilah yang disebut dengan upstream dan downstream. Upstream adalah kecepatan aliran data dari komputer lokal ke komputer lain melalui sebuah network, sedangkan downstream adalah kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network.
Berdasarkan proses kerjanya, modem dibagi menjadi dua yaitu hardware modem dan software modem. Hardware modem adalah modem yang bekerja menggunakan chip khusus untuk menangani fungsi fungsi komunikasi data, sedangkan pada software modem pekerjaan dilakukan oleh sebuah program driver. Penggunaan software modem akan membebani kerja CPU, untuk itu diperlukan komputer dengan processor yang memiliki kecepatan tinggi misalnya Pentium 4. Umumnya, modem dial up yang dijual adalah modem berbasis software dimana harganya lebih murah dibandingkan hardware modem.
2. Line Telepon, Cable TV, ISDN, Satelit, Handphone
Selain modem sebagai perangkat keras yang dapat menghubungkan komputer ke Intenet, diperlukan line telepon. Selanjutnya pengguna komputer harus mendaftar ke ISP yang melayani akses dial up misalnya indosat, telkom dan cbn. Saat ini, dengan line telepon dan modem dial up, kita tidak diharuskan mendaftar lagi ke ISP, yaitu dengan menggunakan paket telkomnet instant yang secara langsung dapat melakukan akses internet. Sedangkan untuk jaringan internet lainnya untuk modem dial up harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke ISP misalnya cbn.net dan Indosatnet.
Selain line telepon, untuk akses internet dapat pula melalui TV Kabel, modem yang digunakan adalah Cable Modem. Layanan akses cable modem dapat melalui jaringan TV Kabel dengan ISP diantaranya cbn, indosat, linknet, centrin dan mynet. Penggunaan antara jaringan telepon dan jaringan TV Kabel terdapat perbedaan dalam hal kecepatan akses dan transfer data.
Selain akses internet melalui modem, dapat pula memanfaatkan teknologi ISDN (Integrated System Digital Network) dan Satelit. Teknologi ini masih tergolong mahal untuk digunakan oleh perorangan. Perusahan-perusahan besar atau organisasi telah banyak yang menggunakannya. Layanan ISDN disediakan oleh ISP yang disebut dengan NSP (Network Service Provider). ISDN adalah jaringan digital yang memberikan berbagai macam pelayanan jasa telekomunikasi yang berlaku di seluruh dunia, dan merupakan tansisi sistem telepon analog ke sistem digital. ISDN memungkinkan transmisi gabungan semua dan setiap informasi yang mecakup suara, gambar, surat kabar, diagram dan videoconferencing. ISDN diperkenalkan pada tahun 1970 di Eropa. Teknologi ISDN mampu melakukan transfer data hingga kecepatan 128 kbps (kilo bit per second). Akses internet satelit dapat pula melalui VSAT (Very Small Aperture Terminal). Konfigurasi VSAT yang banyak dipakai dan diterapkan dalam sistem multimedia adalah berbentuk star. Dalam konfigurasi VSAT ada tiga komponen utama yang dibutuhkan, yaitu :
a. Stasiun Hub, merupakan hub berbentuk piringan yang besar yang dipasangkan menghadap langsung ke satelit. sebagai pengatur semua lalu lintas atau rute data pada jaringan VSAT. Setiap terminal VSAT lain (piringan kecil) mengirim atau menerima data harus melalui stasiun hub terlebih dahulu.
b. Satelit, disebut juga dengan transfoder yang merelay sinyal dari terminal satu ke terminal lainnya. Satelit yang umumnya digunakan adalah satelit GEO ( Geostationer Earth Orbiting)
c. Terminal VSAT, Terminal yang berbentuk piringan dengan ukuran lebih kecil dari statsiun hub. Terminal VSAT ditempatkan pada pelanggan dengan menghadap langsung pada satelit GEO yang digunakan. Bandwitdh besar menggunakan piringan lebih kecil dan sebaliknya bandwidth kecil menggunakan piringan yang lebih besar.
Dengan cakupan antena yang luas maka Hub akan mentransmisikan sinyal ke satelit dan satelit merelay dan mendistribusikannya dalam cakupan antena satelit yang kemudian diterima oleh terminal masing masing pelanggan. Terminal melakukan permintaan pelayanan dengan mentransmisikan sinyal ke satelit dan diteruskan oleh satelit ke Hub. Untuk itu, pada satelit setidaknya ada dua kanal transponder, satu untuk merelay sinyal forward dari Hub ke terminal dan satu transponder lagi untuk merelay sinyal return yang dikirim dari terminal ke Hub. Dalam konfigurasi star ini, karakteristik satelit yang dipergunakan sangat berpengaruh terhadap kinerja sistem VSAT. Makin baik karakteristik dari satelit terutama dari daya dan pengaruh derau maka akan makin murah dan praktis di sisi terminal VSAT.
Untuk pelanggan VSAT, ada beberapa perangkat yang dibutuhkan untuk dapat mengakses internet, yaitu
a. ODU (OutDoor Unit), yaitu transceiver yang diletakkan di luar (OutDoor Unit) dan harus sejajar dengan lintasan satelit yang digunakan.
b. IDU (InDoor Unit) yang berbentuk seperti router pada umumnya. IDU merupakan peralatan yang digunakan di dalam (InDoor Unit) dan berfungsi sebagai alat interface antara tranceiver dengan peralatan komunikasi seperti PC (Personal Computer).
Selain jaringan dengan satelit VSAT, akses internet dapat dilakukan pula melalui saluran kabel listrik yaitu dengan menumpangkan aliran data. PLN DKI Jakarta sedang mengkaji dan mengujicobakan akses internet dengan aliran data melalui kabel listrik. Pada negara negara maju, penggunaan saluran kabel listrik untuk mengakses internet sudah mulai dimasyarakatkan.
Internet juga dikembangkan untuk media wireless (tanpa kabel) dengan memanfaatkan telepon seluler atau telepon genggam (handphone). Protokol yang digunakan disebut dengan WAP (Wireless Application Protocol). WAP merupakan hasil kerjasama antarindustri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard) yang berbasis pada standar internet. WAP bekerja dengan modus teks dengan kecepatan 9,6 kbps. Selain WAP, dikembangkan pula teknologi GPRS (General Packet Radio Service) yang memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan WAP yaitu hingga 115 kbps dengan dukungan aplikasi grafis dan multimedia. Saat ini, terdapat teknologi 3G (Third Generation) pada telepon selular berbasis CDMA (Code Division Multiple Access), dimana 3G memiliki kecepatan transfer data hingga 230 kbps.

Kosakata dalam Teknologi Informasi
Jan 28, ’09 6:43 AM
for everyone
AAC :
Advanced Audio Coding Kompresi audio digital yang ditawarkan oleh apple untuk ipod player keluarannya.

Anti Virus :
Program untuk melindungi PC dari serangan virus computer.

Atrac :
Adaptive Transform Acounstic Coding. Tipe file audio kompresi buatan sony serupa dengan MP3, ATRAC memiliki sejumlah fitur yang didesain untuk melindungi diri dari pembajakan.

Bandwidth :
Batas maksimum data yang dapat ditranfer antarperanti dalam satu waktu, makin besar makin cepat.

Binary :
Lengkapnya binary code (kode binar). Sistem pengodean yang dipakai komputer untuk menyimpan dan membaca data dalam format dua digit angka 0 dan 1.

Bit :
Dari binary digit (1) satuan terkecil ukuran data komputer yang berkode secara binar (0 dan 1) mengikuti “on” dan “off” lihat byte (2) unsur data mewakili setiap titik dalam gambar digital misalnya bit untuk monokrom, 8 bit untuk 256 warna dan gayscale, dan 24 bit serta 32 bit untuk jutaan warna (true color) lihat grayscale (3) satuan ukuran terkecil untuk kecepatan transfer data. misalnya, 1kbps (kilodit per second) serta dengan seribu dit perdetik.

Bit rate :
Kecepatan tranfer atau penyandian data. Biasa diukur dengan kesatuan kbps. Modem dia.

Boks dialog :
Dialog box kotak kecil pada layar monitor yang muncul setelah anda mengetik tombol tertentu. Fungsinya sebagai peminta informasi atau penuntun dalam mengerjakan sesuatu dengan computer.

Broadband :
Koneksi internet yang sangat cepat, melebihi kecepatan koneksi dial-up.

Buffer Underrun:
Masalah dalam pemindahan data dari PC ke CD, karena PC tidak lancar memasok data ke CD writer.

Byte:
Satuan data komputer yang terdiri atas 8 bit.

CD-A :
CD auto atau audio CD format standar untuk produksi CD musik komersil.

Chipset :
Sekelompok Chip komputer yang bekerja sama untuk melakukan suatu fungsi. Kartu grafik misalnya memiliki chipset yang menangani semua tampilan yang keluar dari PC.

Compact Flash :
Atau CF kartu memori seukuran kotak korek api. Kartu jenis ini dapat dimasukkan ke berbagai perangkat yang memiliki FC port. Kamera digital dan PDA banyak menggunakan kartu jenis ini.

DB :
Dicibel atau disibel. Satuan ukuran untuk kekerasan suara/bunyi.

Dekstop :
(1) Lengkapnya desktop model computer. Jenis komputer yang umum digunakan , terdiri atas CPU, kibord dan monitor
(2) Tampilan muka dari sistem operasi yang menampilkan sejumlah ikon aplikasi, file atau folder.

Docking Station :
Stasiun penghubung antara komputer genggam (PDA) atau MP3 player ini dengan PC dan peranti tersebut dapat saling bertukar data dan melakukan sinkronisasi.

Download :
Pengambilan file oleh suatu komputer atau perangkat dari kompoter atau perangkat lainnya.

Drag and-Drop :
Geser dan cemplung memindahkan file, folde bagian gambar atau bagian dari dokumen dengan cara menggeser dan menempatkannya ke lokasi lain.

Drive :
Peranti pembaca / penulis data yang hanya dimasuki oleh media penyimpanan yang sesuai, misalnya disket dan CD/DVD.

Driver:
Sofware yang mengatur hubungan kerja system operasi komputer dengan peranti keras.

DVD:
Digital Versatile Disk Cakram Seukuran CD dengan kapasitas mulai 4,7 GB. seperti halnya CD, DVD, juga mengenal DVD-ROM, DVD-R dan DVD-RW, dan dalam versi yang berbeda ada pula DVD+R dan DVD+RW, tergantung produksen pendukungnya.

DVD+R :
Salah satu standar DVD dapat merekam data dan anda bisa menggunakannya untuk beragam keperluan, namun format ini masih kurang kompartibel ketimbang DVD+R.

DVD+RW :
Format DVD+RW yang dapat ditulis ulang berkali-kali.

DVD Audio :
Format DVD untuk menyimpan file audio digital berkualitas tinggi.

DVD + R :
Salah satu dari format DVD terpopuler. Kompatible dengan banyak peranti pemutar DVD.

DVD + RAM :
Sejenis DVD-RW yang terkemas dalam kartrid, seperti disket dan optical disc.

EQ :
Kependekan dari Equalizer pengontrol nada pada perqangkat hi-fi. Sejumlah software pemutar musik di komputer juga memiliki fasilitas seperti ini.

Ethernet :
Teknologi standar jaringan komputer local (LAN) yang dikembangkan oleh Xerox bekerja sama dengan DEC dan intel pada tahun 1976 kecepatan transfer datanya 10 Mbps.

Firewall :
Aplikasi pengamanan komputer dari aktifitas hacking.

Firmware :
Program yang tersimpan secara permanen pada ROM.

Firewire :
Aplikasi yang dapat diperoleh dan digunakan secara gratis.

Hard Disk :
Cakram padat. Media penyimpanan data berkapasitas besar. Pada PC hard disk sekaligus merupakan penampung sistemoperasi dan aplikasi.

ID3 Tag :
Informasi tambahan pada file MP3 yang berisi nama artis, nama album, nama lagu dan sebagainya.

ISP :
Internet service provider (penyedia jasa internet). Lembaga/ perusahaan yang menghubungkan komputer anda dengan internet misalnya Telkomnet instant.

Kbps :
Kilobet per second, Kilobit per detik. Satuan ukuran kecepatan transfer data. Semakin besar nilainya semakin cepat transfernya. 1Kbps = 1.000 bit per detik.

KHZ :
Kilohertz untuk audio digital, ini mengacu pada berapa kali setiap detiknya suara disamping untuk menghasilkan perekaman digital. 48 KHZ berarti 48.000 kali sedetik.

KB :
Kilobyte Satuan ukuran data digital satu KB = 1.024 byte.

LCD :
Lycuid Crystal Display. Penampil gambar yang bekerja berdasarkan arus listrik yang mengaliri kristal cair seperti yang dipakai oleh layar arloji digital, kalkulator, monitor komputer dan monitor video.

MB :
Megabyte, satuan ukuran data digital. satuan ukuran data digital, satu MB setara dengan 1.024 KB atau satu juta byte tepatnya 1.048.576 byte.

Minidisc :
Media penyimpanan data digital, bentuknya menyerupai disket floppy kecil, tapi dapat merekam suara digital sampai 74 menit dengan menggunakan komprsi.

Motherboard :
Biasa disingkat mobo. Papan sikuit utama dalam komputer, tempat semua komponen pendukung komputer terpasang dan terhubung.

MP3 :
MPEG audio layer 3 standar pengompresan file musik digital agar ukurannya mengecil menjadi seperti duabelas ukuran asli.

MPEG :
Motion ficture Exprets group. Nama sbuah perkumpulan pakar vido digital yang merupakan standar pengompresan file vidio kompresi MPEG-1 memberi vidio berkualitas VHS sedangkan kompresi MPEG-2 memberi vidio berkualitas tinggi dengan hasil suara sekualitas CD kompresi EPEG-2 digunakan untuk film-film dalam DVD.

Ogg Vorbis :
Jenis kompresi audio open source berkualitas tinggi. Bit rate-nya mencapai 16 sampai 128 Kbps channel.

Open Source :
Lengkapnya open source. Jenis sofware yang source codenya terbuka untuk umum, dengan demikian penggunanya dapat memodifikasinya termasuk untuk meningkatkan kualitas software itu sendiri

Operating System :
Symtem operasi. software utama yang mengatur kerja berbagai bagian di komputer. Contohnya Microsoft Window Marcos, linux dan unix.

P2P :
Peer-to-peer. Tipe jaringan yang mengizinkan pengguna lain untuk mengakses dan mendownlod file anda sebaiknya, anda[un dapat mengakses file pemgguna lain.

Playlist :
Daftar track audio (biasanya MP3) yang siap untuk diputar.

Plug-In :
Peranti atau program kecil yang memperkaya figur suatu aplikasi.

Procesor :
Chip yang merupakan otak dari komputer. Semakin cepat prosesor semakin bagus pula kinerja PC

Red Book Audio :
Nama lain untuk menyebut format CD audio. Red book sendiri merupakan buku merah yang berisi data teknis mengenai standar audio tersebut

Rip :
Prosesnya disebut ripping dalam musik digital berarti cara untuk mengubah file dalam CD audio ke dalam file berformat WAV untuk kemudian diubah lagi menjadi berformat MP3

SACD :
Super audio CD. Standar distribusi musik komersial yang kian populer

Sample :
Rekaman suara dari suatu instrumen atau bebunyian. Sample dapat digunakan untuk membuat musik

Server :
Komputer yang menjadi pusat dan pengontrol dalam sebuah jaringan

Surround :
Sisitem suara yang dapat membuat ilusi suara multiarah, melalui penempatan spiker dan pemroses sinyal

USB :
Universal serial Bus. Sosket yang terdapat disemua PC model baru untuk koneksi perangkat-perangkat USB mendukung instalasi yang mudah dengan system plug dan play, dan secara bertahap menggantikan port serial dan pararel yang lama. Misalnya untuk scanner, modern dan printer

USB 2.0 :
Format USB terbaru dengan kecepatan tranfer yang lebih cepat ketimbang format USB 1.2

WAV :
Format penyimpanan file suara yang digunakan oleh Windows

WI-FI :
Nama lain dari standar teknologi nirkabel 802.11b popularitasnya menanjak beriringan dengan bluetooth

WMA :
Windows media audio format kompres musik digital yang dikembangkan oleh microsoft, dan dimainkan dengan windows media player versi mutakhir. mutunya setara dengan MP3.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: